Jalan Jokoriyo Ngronggo Kota Kediri

+62 898-8090-120

Kami berkomitmen untuk mencetak generasi cendekia yang unggul, berintegritas, dan siap menghadapi tantangan global. Dengan lingkungan akademik yang kondusif, dosen berkualitas, serta jaringan luas, Pascasarjana UIN Syekh Wasil Kediri hadir sebagai rumah ilmu untuk perjalanan akademik dan spiritual Anda.

Contact Info

Jalan Jokoriyo Ngronggo Kota Kediri
[email protected]
+62 898-8090-120

Follow Us

PENDAMPINGAN PENGELOLAAN ARSIP INAKTIF OLEH UNIT KEARSIPAN KEPADA PASCASARJANA UIN SW KEDIRI

Demi memastikan arsip dikelola dengan baik, aman, dan sesuai dengan peraturan yang berlaku, Unit Kearsipan UIN SW Kediri menyelenggarakan pendampingan rutin pada setiap unit kerja di lingkungan UIN SW Kediri, termasuk Pascasarjana UIN SW Kediri. Pendampingan di Pascasarjana dilakukan pada hari Selasa, 29 Juli 2025 di Ruang Rapat PPS. 207. Kegiatan ini dihadiri oleh  Plt. Kabag Umum Bapak Budiyanto, S.Sos, MM., Plt. Kasubbag TU Pascasarjana Dr. Ilham Mashuri, S.Ag, SS, MH., seluruh staf Pascasarjana, dan beberapa Arsiparis unit UIN SW Kediri.

Dalam sambutannya, Bapak Budiyanto, S.Sos, MM., menuturkan bahwa ini adalah pendampingan yang ke 5 setelah dilakukan di unit-unit lain. Setelah pendampingan ini, Pak Budi juga berharap akan ada monev atau tindak lanjut terkait tindakan ini. “Sangat perlu penguraian problem-problem kearsipan yang umum terjadi lingkungan kita, sangat perlu juga diperhatikan bahwa semua dokumen wajib teridentifikasi dengan baik. Teman-teman nanti akan diberi arahan tata kelola pemilahan terkait dokumen-dokumen yang ada. Setelah ini kami harap akan ada monev atau kegiatan lanjutan”. Ujar Pak Budi.

Kemudian dalam sambutannya, Dr. Ilham Mashuri, S.Ag, SS, MH., menuturkan bahwa kegiatan pendampingan ini sudah lama ditunggu agar dokumen-dokumen dapat terkelola dengan baik dan selalu siap saat dibutuhkan. “Kegiatan ini sebenarnya sudah lama kami tunggu. Saya sering menginfo ke para alumni untuk segera mengambil dokumen-dokumennya yang tertinggal termasuk ijazah, soalnya kita terkendala ruang penyimpanan dan kita takutnya dokumen penting malah hilang. Beberapa kegiatan seperti AMI, Akreditasi, dll., juga melirik pada kearsipan yg memang perlu dilakukan pengelolaan secara profesional. Saya kira kegiatan ini sangat penting bagi kami”. Ujar Dr. Ilham.

Kemudian penyampaian materi kearsipan disampaikan oleh Bapak Dion Ekha Sanjaya, S.IP. Materi yang disampaikan antara lain adalah Definisi Arsip, Tujuan Penataan Arsip, Langkah-Langkah dalam Penataan Arsip, dan Monev Kearsipan. Pak Dion menjelaskan langkah-langkah sederhana dalam menangani kearsipan. “Beberapa informasi yang perlu sampaikan, nanti yang pertama kita lakukan adalah identifikasi arsip untuk mengetahui apakah itu kategori arsip atau bukan. setelah identifikasi, kita tentukan mana yg dinamis mana yg aktif dan mana yg inaktif”. Ujar Pak Dion.

Acara terakhir adalah pendampingan praktik langsung di lapangan. Berlangsung di ruang akademik sebagai titik tumpuh dokumen-dokumen yang dikelola. Kegiatan ini sangatlah solutif, diskusi aktif terjadi di dalam praktik ini,  dan beberapa keluhan terkait pengarsipan dokumen mulai menemukan titik terang. (RFA)

Berita Lainnya